Minggu, 23 Desember 2012

BATIK INDONESIA



Seni dalam melukis pakaian terkenal dengan sebutan Batik, pengertianya adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dalam menghias dan melukis busana dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.
Sejarah batik diabadikan oleh Museum Danar Hadi, Solo. Bisa diliha t bahwa pada zaman Belanda, motif-motif batik dipengaruhi nuansa Eropa yang berpadu dengan watak jawa. Batik di Indonesia memiliki keragaman jenis, pola, motif, dan corak sesuai dengan unsur-unsur daerah yang membentuknya
 Salah satu contohnya batik solo yang dikenal berwarna cokelat gelap. Batik bukan saja merupakan identitas visual artistik dan keragamannya, tetapi juga merupakan identitas dan karakter budaya yang membentuknya. Pada mulanya, batik memiliki ragam hias yang terbatas, baik corak maupun warnanya dan hanya boleh digunakan oleh kalangan tertentu atau pihak kerajaan. Ada banyak nilai yang terkandung dalam sehelai kain batik. Batik tak sekadar kain, tetapi mempunyai filosofi dan ada di segala sisi kehidupan masyarakat di Indonesia.