Minggu, 23 Desember 2012

warna batik

perpaduan warna batik mempunyai arti sendiri di antaranya

1. Pengantin Anyar perpaduan warna batik di mana pinggirkain berwarna hijau dan di tengah
berwarna merah, sedangkan pada bagian tengah-tengah kain berwarna putih.Perpaduan warna ini mengandung makna selalu bersamaan dalam suka maupun duka dan mempunyai watak muda.
2. Gunung Sari perpaduan warna bagian pinggir kain berwarna hijau, di tengah warna ungu.Bagian tengah-tengah kain berwarna kuning. Perpaduan ini melambangkan kehidupan yang mukti wibawa artinya mempunyai kedudukan tinggi dan disegani dalam masyarakat. Kain dengan perpaduan warna seperti ini bisa digunakan orang tua dan muda.
3. Onengan perpaduan warna pada bagian pinggir kain berwarna hijau dan di tengah berwarna
ungu. Tepat di tengah kain berwarna putih. Perpaduan ini mempunyai makna membuat kebimbangan orang lain (lawan jenis) untuk mencintai dirinya. Warna seperti ini cocok untuk golongan muda.
4. Panji Gandrung perpaduan warna pada pinggiran kain berwarna ungu dan di tengah berwarna hijau. Di tengah kain berwarna merah. Makna yang terkandung, panji merupakan
suatu gelar yang diberikan kepada cucu buyut raja dengan kedudukan sebagai bupati. Panji Gandrung berarti sedang jatuh cinta, yang dimaksud adalah kehidupan yang serba indah dan menyenangkan, bisauntuk golongan tua dan muda.
5. Panji Wuyung perpaduan antara warna ungu di pinggir kain dan hijau berlian di tengah kain, di tengah kain berwarna merah. Maknanya seperti Panji Gandrung.
6. Puspa Kencana perpaduan antara warna ungu di pinggir kain dan di tengah berwarna kuning, di tengah berwarna merah. Makna dari perpaduan ini menunjukkan watak kesatria,
percaya diri, menggambarkan ketrampilan dan trengginas, bisa dipakai orang tua dan muda.
7. Puspandara perpaduan warna batik di mana pada pinggir kain berwarna ungu dan di tengah
berwarna merah muda. Di tengah kain berwarna merah tua. Makna perpaduan ini menunjukkan kegairahan dalam hidup dan semangat, berwatak sigap terampil. Perpaduan warna ini cocok dipakai golongan muda.
8. Panji Wilis perpaduan antar warna hijau gadhung dengan seret/plisir ungu, maknanya menggambarkan “menep” sabar hati, untuk golongan muda dan tua.
9. Klabang Ngantup perpaduan warna hijau gadhung dengan seret merah, maknanya menggambarkan kesigapan dan penuh semangat berwatak kesatria. Perpaduan ini untuk golongan muda.
10. Siwalan Pocat perpaduan warna ungu dengan seret tau plisir putih. Maknanya menggambarkan kesegaran jasmani, riang, serta halus pakartinya. Bisa untuk golongan tua dan
muda.
11. Wayuwa perpaduan warna ungu dengan warna hijau. Wataknya sabar menep dalam kehidupan dan menunjukkan kebijaksanaan. Perpaduan ini untuk golongan tua. 
12. Panji Balik perpaduan warna pinggir ungu dengan warna tengah hijau. Maknanya sabar,
mengalah dan disegani orang lain.Perpaduan warna ini untuk golongan tua.
13. Panji Karungrungan perpaduan warna pinggir hijau gadung dan warna tengah ungu. Maknanya berwatak bijaksana tidak mementingkan diri sendiri. Perpaduan ini dapat untuk orang tua atau muda.
14. Papasan Mateng atau Muda Rumagang perpaduan warna batik pada bagian pinggir kain berwarna hijau dan tengah berwarna merah. Maknanya sigap dan terampil, untuk golongan muda.
15. Gendera Landa perpaduan warna pinggir biru tua dan tengah putih. Sedangkan bagian paling tengah kain berwarna merah. Maknanya berwatak lugas pengetahuannya dan citacita
yang tinggi.
16. Pare Anom perpaduan antara warna pinggir kuning dan tengah hijau tua. Maknanya penuh
semangat, sigap, mengedepankan kebijaksanaan. Bisa dipakai golongan muda.
17. Mayang Mekar perpaduan warna hijau tua dan hijau muda. Maknanya melambangkan  keceriaan,penuh semangat berwatak kesatria, untuk golongan muda.
18. Jambe Pocot/Pandan
Binethot perpaduan warna pinggir hijau tua dengan tengah putih. Melambangkan sifat kesatria,
bijaksana, dan penuh tanggung jawab. Bisa untuk golongan tua dan muda.
19. Sindur perpaduan antara warna pinggir merah dan tengah putih. Maknanya bertanggung
jawab, berkepribadian, sabar dan menep, untuk golongan tua.
20. Banteng Ketaton perpaduan antara hitam/biru tua dengan warna tengah merah. Maknanya kesatria, terampil, trengginas dan penuh tanggung jawab. Bisa dipakai golongan tua dan muda.
21. Bango Buthak perpaduan antara warna hitam dan bagian tengah berwarna putih. Maknanya
kehidupan manusia di bumi yang tidak lepas dari bungah dan susah, pahit dan manis.  Wataknya bijaksana dan bisa untuk sumber ilmu. Perpaduan ini cocok untuk golongan tua.
22. Paru-Paru perpaduan warna ungu (violet) tengah warna merah muda. Maknanya sebagai
sumber penghidupan, mempunyai watak trengginas/terampil atau cekatan. Bisadipakai untuk semua golongan tua/muda.
23. Kembang Waru perpaduan warna pinggir ungu (violet) dengan tengah kuning. Maknanya menggambarkan kehidupan yang dinamis. Wataknya sumringah atau berseri. Bisa dipakai untuk golongan muda, siang hari.
24. Kembang Blimbing perpaduan warna ungu (violet) tengahnya
hijau dulang. Maknanya “Pepeling Marang Ing Tembing” atau mengingatkan kehidupan dihari nanti supaya jangan hanya mengumbar/kesengsem keduniawian. Wataknya sabar, sareh serta
menep. Dipakai untuk golongan tua/muda pada malam hari.
25. Kembang Benguk perpaduan warna pinggir ungu (violet) tengah biru. Maknanya selalu disayang orang lain. Wataknya percaya diri dan kehidupan dinamis. Dipakai golongan tua,
siang malam.
26. Kumudaningrat perpaduan warna ungu (violet) dengan seret hijau gadung, tengah kuning.
Maknanya memberikan ketenangan, ketentraman. Wataknya berjiwa luhur/ambawani,  wicaksana. Bisa dipakai tua/muda dan siang malam.
27. Panji Leleng perpaduan warna ungu (violet) dengan seret-kendit biru, di tengah merah.
Maknanya bisa membuat sengsem orang banyak, berwatak sabar, menep. Bisa dipakai untuk golongan tua pada malam hari.
28. Slindhitan perpaduan warna merah dan tengah hijau gadhung. Maknanya bares, apa adanya menggambarkan kehidupan yang dinamis. Bisa dipakai untuk semua golongan tua/muda.
29. Gula Klapa perpaduan warna merah dan putih. Maknanya legi-gurih menggambarkan kehidupan yang enak dan kepenak. Wataknya wibawa dipakai tua/muda pada waktu siang/malam.
30. Podhang Nesep Sari perpaduan warna merah tengah kuning. Maknanya melambangkan kebahagiaan. Wataknya trengginas, terampil, dipakai
golongan muda pada waktu siang/malam.
31. Gagak Kuncung Emas perpaduan warna hitam tengah kuning. Maknanya menjiwai/jiwa sepuh, sumber ilmu. Wataknya sabar, menep, wicaksana, dipakai golongan tua pada malam hari